Tidak jarang orang mengalami rasa sakit atau nyeri pada tumit. Tentu ada beberapa hal yang memicu rasa sakit itu, salah satunya adalah plantar fasciitis. Penyakit itu merupakan penyakit peradangan yang menyerang fascia, yaitu jaringan yang fungsinya untuk menghubungkan jari kaki dengan tulang tumit.

Kondisi yang sudah terjadi sangat umum ini bisa dialami oleh siapa saja. Tapi, yang paling rentan mengalaminya yaitu orang dewasa tua yang sudah berumur 40 sampai 60 tahun. Rasa sakitnya bisa saja muncul ketika kamu baru bangun tidur. Kamu yang banyak menggerakan kakinya, nyerinya bisa perlahan-lahan berkurang, tapi akan kembali lagi kalau kamu berdiri terlalu lama.

Buat mengatasinya, ada pengobatan khusus yang perlu dilakukan, entah secara medis atau bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Agar kamu lebih jelas, berikut cara pengobatannya.

Pengobatan yang Dilakukan Secara Medis

Meski bukan penyakit yang berbahaya, plantar fasciitis perlu diatasi segera agar tidak mengganggu kegiatanmu yang lainnya. Kamu bisa mengatasinya dengan mendapatkan perawatan dari dokter. Pengobatan yang nantinya akan diberikan secara medis yaitu:

  1. Pemberian obat

Cara medis pertama yang sangat umum dilakukan yaitu dengan memberikan obat-obatan. Biasanya dokter akan memberikan obat yang bisa menghilangkan rasa sakit, misalkan ibuprofen. Obat itu perlu kamu konsumsi secara rutin sampai rasa nyerinya hilang.

  1. Terapi

Ada beberapa terapi yang bisa mengatasi rasa nyeri pada telapak kaki dan tumit, seperti terapi fisik, terapi night splint, dan menggunakan bantalan khusus untuk alas kaki.

  1. Operasi

Kalau semua obat dan terapi yang dilakukan tidak membuahkan hasil, maka akan dilakukan operasi. Tapi, pembedahan ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dulu agar tidak menghasilkan resiko yang berbahaya ke depannya.

Pengobatan yang Dilakukan di Rumah

Selain dari pengobatan medis, bisa juga kamu lakukan di rumah tanpa bantuan dokter. Tips-tips yang perlu kamu terapkan yaitu:

  1. Jaga berat badan

Kamu yang punya kelebihan berat tentu harus menjaga tubuhmu di angka yang normal. Dengan punya berat badan yang ideal, kamu bisa semakin terhindar dari penyakit plantar fasciitis.

  1. Pakai sepatu yang tepat

Karena umumnya wanita yang paling rentan mengalami masalah pada telapak kaki, terutama tumit, pastikan kamu sudah memakai sepatu yang tepat. Jangan gunakan sepatu yang berhak tinggi terlalu lama atau terlalu sering karena bisa mengganggu tulang kaki kamu.

  1. Ganti sepatu lari secara rutin

Kalau kamu suka lari dan menggunakan sepatu lari, pastikan kamu juga harus selalu mengganti sepatumu secara rutin. Alas sepatu lari yang terlalu sering bergesekan dengan permukaan jalan akan membuat semakin menipis dan bisa mengganggu tulang-tulang kakimu. Jadi gantilah setiap antara 400 sampai 500 mil.

  1. Kompres es

Cara lainnya mengatasi plantar fasciitis yaitu dengan mengompresnya dengan es. Balutlah es batu dengan kain bersih, lalu letakan di area kaki yang terasa nyeri kurang lebih selama 20 menit. Lakukan terus ya sampai kamu tidak lagi merasakan sakit.

Pengobatan plantar fasciitis memang bisa dilakukan sendiri atau secara medis. Tapi, kalau kamu masih bingung mengobatinya sendiri, tidak ada salahnya konsultasi dulu dengan dokter agar bisa mendapat perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *