Puspitek Serpong merupakan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terbesar yang ada di Indonesia. Alamat Puspitek Serpong ini berada di Gedung Technologi Management Center (TMC) Nomor 120 Jalan Raya Puspitek Serpong, Kota Tangerang Selatan. Uspitek ini memang ditujukan sebagai tempat untuk penelitian beragam jenis ilmu pengetahuan dengan tujuan adalah untuk mendukung industrialisasi di Indonesia. Bahkan khusus untuk peralatan yang disediakan disini juga paling lengkap dan juga diimbangi dengan SDM yang terlatih atau terdidik.

Usia dari Puspitek ini sendiri juga terbilang sudah cukup lama, yaitu sekitar lebih dari seperempat abad, banyak dijadikan sebagai tujuan atau rujukan utama di dalam melakukan penelitian di bidang medis. Untuk mengenal lebih dalam mengenai pusat penelitian yang satu ini, maka ada baiknya bagi Anda untuk menyimak informasi lengkapnya berikut ini:

1. Sejarah, pertma kali didirikan adalah pada tahun 1976, dulunya digagas oleh Menteri Riset Republik Indonesia kala itu yaitu Prof.Dr. Sumitro Djojohadikusumo, namun pelaksanaannya sendiri baru terlaksanakan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi RI yaitu Prof.Dr.Ing, B.J. Habibie. Tentunya tujuan didirikan Puspitek ini tak lain adalah untuk mendukung proses industrialisasi di Indonesia. Ia berdiri berdasarkan Keppres Nomor 43/1976 tanggal Oktober 1976. Puspitek ini juga diarahkan sebagai kawasan yang mengintegrasikan unsur-unsur inovasi yang terdiri dari lembaga litbang, pendidikan tinggi dan juga untuk sektor bisnis. Perannya adalah untuk menjadi pusat IPTEK dan juga inovasi kelas dunia.

2. Institusi dan juga laboratorium, setidaknya ada banyak sekali institusi-institusi dan juga laboratorium yang ada di Puspitek ini, diantaranya adalah:

• Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
• Badan Tenaga Nuklir Nasional.
• Badan Pengkajian Penerapan Teknologi.
• Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Dimana pada setiap institusi-institusi ini mana nantinya masih terbagi lagi kedalam beberapa laboratorium pendukungnya.

3. Pengembangan kawasan Puspitek, sarana dan juga prasarana yang ada di puspitek ini semakin lama memang semakin banyak ditujukan untuk kebutuhan pengembangan. Luas area nya sendiri mencapai 350 hektar yang terbagi atas 3 area, diantaranya adalah laboratoria, industri dan juga area pendidikan tinggi. Pengembangan setiap area ini dilakukan secara bertahap. Setidaknya setelah beroperasi sejak 25 tahun, maka Puspitek ini telah memiliki 35 laboratoria dengan 3140 staff. Aset dari puspitek ini sendiri nyatanya juga sangatlah luas dan beragam. Bahkan dalam perkembangannya selama kurang lebih 25 tahun ini sudah banyak diantara layanan jasa teknis maupun hasil inovasi riset yang dimanfaatkan oleh industri, terutama adalah layanan teknis dan juga inovasi yang sudah teruji secara ilmiah.

4. Fasilitas pendukung, fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di dalam Puspitek ini nyatanya juga sangatlah banyak. Ia sudah dilengkapi dengan sentra telepon, kemudian juga ada persediaan air minum yang sudah diproduksi oleh unit pemurnian air minumnya sendiri. sedangkan dari segi energi listrik yang diperoleh disini di suplay secara langsung oleh PLN melalui sentra listrik yang secara khusus dibangun di kawasan ini.

5. Hasil penelitian, sudah banyak hasil penelitian dari Puspitek ini di berbagai macam sektor, mulai diantaranya adalah sektor energi, sektor mekanik dan transportasi, sektor industri pengolahan dan berbagai macam sektor-sektor yang lainnya. Sebagaimana tujuan utama dari dibangunnya Puspitek tersebut.

Anda bisa mengunjunginya di alamat Puspitek Serpong di atas untuk berbagai macam tujuan penelitian. Utamanya adalah untuk kebutuhan industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *