Melihat penyebaran virus corona yang semakin meningkat setiap harinya, SehatQ.com ditunjuk oleh pemerintah sebagai start-up yang menyediakan rapid test corona secara gratis. Menyediakan rapid test secara gratis bagi orang yang membutuhkan diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona dan memutus rantai penyebaran virus agar Indonesia bisa kembali beraktivitas normal.

Indonesia juga terlihat tidak melakukan lockdown untuk menekan angka penyebaran infeksi virus corona melainkan dengan melakukan tes secara besar-besaran. Indonesia bahkan sudah mendatangkan ratusan ribu alat rapid test corona dengan tujuan untuk mendeteksi virus corona secara besar-besaran bagi masyarakat.

Untuk melakukan rapid test secara gratis bisa langsung mengunjungi www.SehatQ.com. SehatQ menyediakan layanan rapid test bagi orang-orang yang beresiko tinggi terinfeksi COVID-19 misalnya orang yang kontak langsung dengan penderita, mengunjungi area yang terinfeksi virus corona, muncul gejala COVID-19, ODP, dan PDP.

Cara Kerja Rapid Test SehatQ.com

Proses pendaftaran rapid test di SehatQ sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi SehatQ kemudian berkonsulitasi dengan dokter yang terdaftar dengan menggunakan fitur Chat Dokter. Apabila terindikasi terinfeksi virus corona, maka orang tersebut akan diarahkan ke fasilitas kesehatan terdekat yang melayani rapid test sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh SehatQ.

Rapid test menggunakan sampel darah dan di dalam sampel akan dicari IgG dan IgM. IgG merupakan Immunoglobulin G dan IgM adalah Immunoglobulin M. Keduanya sama-sama merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia atau bentuk dari antibodi seseorang.

• IgG
IgG memiliki peranan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi dengan cara mengingat virus atau bakteri yang sebelumnya sudah pernah masuk dan menyerang tubuh. Sehingga apabila virus atau bakteri yang sama masuk lagi maka tubuh otomatis akan bereaksi untuk menyerang dan melindungi tubuh. IgG sendiri merupakan antibodi yang paling banyak ditemukan dalam darah.

• IgM
IgM terbentuk pada saat tubuh baru saja terinfeksi oleh jenis virus atau bakteri baru yang belum pernah menyerang tubuh sebelumnya. Apabila terjadi infeksi pada tubuh maka IgM akan meningkat dan melawan virus dan bakteri baru tersebut. Kemudian IgG akan menggantikan IgM dan melindungi tubuh dalam jangka waktu yang panjang.

Orang yang melakukan pemeriksaan rapid test corona membutuhkan waktu yang cukup singkat dan tidak harus menunggu waktu lama. Maka dari itu alat ini dinamakan rapid test corona. Berikut tahapan menjalani rapid test COVID-19 :

1. Mengambil sampel darah dari ujung jari ataupun dari pembuluh darah ena yang ada di lengan.
2. Sampel darah diteteskan pada alat rapid test.
3. Selanjutnya alat rapid test juga akan diteteskan cairan pelarut dan reagen di area yang sama.
4. Tunggu sekitar 10-15 meni dan hasil tes akan terlihat di alat berupa garis.

Apabila positif, maka kemungkinan besar orang yang diperiksa memang terinfeksi virus corona atau SARS CoV-2 dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan penganganan yang tepat. Orang tersebut akan menjalani pemeriksaan dengan menggunakan tes PCR dengan metode pemeriksaan berupa swab tenggorokan dan hidung. Hasil swab inilah yang akan menjadi acuan dan kesimpulan terakhir apakah seseorang positif atau negatif COVID-19.

Daripada terinfeksi virus COVID-19 dan akhirnya harus menjalani perawatan intensif dengan taruhan nyawa, ada baiknya untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan karantina mandiri hingga situasi di Indonesia dinyatakan aman. Anda bisa membaca artikel kesehatan selagi di rumah untuk mendapatkan informasi tentang cara mencegah COVID-19 dan informasi kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *